Kamis, 27 Oktober 2016

Bangun Pabrik, Twiji Kimia Gelontorkan USD407 Juta

JAKARTA - PT Pabrik Kertas Twiji Kimia Tbk (TKIM) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) dengan agenda penambahan modal untuk disetor kepada PT Oki Pulp & Paper Milis (OKI). Adapun dana yang disetor sekira USD407 juta secara bertahap hingga 2016.
Direktur TKIM Suhendra Wiriadinata mengatakan, rencana penambahan modal tersebut disetujui oleh para pemegang saham. Selain itu, agenda RUPLSB juga memberikan persetujuan kepada direksi untuk menjaminkan seluruh atau sebagian besar aset kekayaan Perseroan
di OKI guna memperoleh pinjaman dari China Development Bank Corporation (CBD).
"Bahwa penambahan modal yang dilakukan Perseroan tersebut guna mendukung pembangunan pabrik pulp milik OKI yang berlokasi di wilayah Ogan Komerling Llir, Sumatera Selatan," ucap Suhendra seusai RUPLS di Hotel Le Grandeur, Mangga Dua, Jakarta, Kamis (9/1/2013).
Menurut Suhendra, pabrik tersebut memiliki kapasitas 2 juta ton per tahun dengan total nilai investasi sebesar USD2,639 miliar.
"Proses pembangunan telah berjalan saat ini, dan diperkirakan akan mulai beroperasi secara komersial pada kuartal II-2016 mendatang," paparnya.
Lebih lanjut Suhendra mengungkapkan, bahwa penambahan modal kepada OKI akan diberikan secara bertahap. Di tahun 2013 sendiri, Perseroan telah menggelontorkan dana sebesar Rp300 miliar.
"Untuk tahun ini, kami akan gelontorkan dana kembali ke OKI sebesar USD167 juta. Sedangkan untuk 2015 kami belum akan suntik dana kembali. Sisanya baru akan diberikan di tahun 2016," kata Suhendra.

Sebagai informasi, kapasitas produksi Perseroan saat ini per tahun mencapai 1.277.000 ton untuk kertas, 320.000 ton untuk stationery dan 80.000 ton untuk packaging (kertas kemasan). Perseroan juga memperkerjakan secara langsung sekitar 12.000 orang karyawan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar